Senin, 14 Januari 2019

TUGAS BLOG MANAJ. PEMASARAN GLOBAL KE-3


META ANALISIS JURNAL

Nama Kelompok:
1.      Anisa Andriyani (10215822)
2.      Nugroho Suryo Buwono (15215156)
3.      Sheila Nadia (17215894)
4.      Yosua Geraldi Harlim (17215293)



Kelas 4EA23
Fakultas Ekonomi
Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma

Judul : Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ) (Oleh Mohamad Emir Wibowo, Arief Daryanto, dan Amzul Rifin, 2018) ISSN  2085-8418\

Variabel Bebas (Dependen) : Strategi Pemasaran
Variabel Terikat (Independen) : Penjualan

Faktor yang mempengaruhi Strategi Pemasaran ( Variabel Bebas )
Strategi Pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan penjualan, dimana strategi pemasaran memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor Internal dan faktor Eksternal. Untuk Faktor Internal terdapat beberapa hal yaitu : Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan untuk Faktor Eksternal yang menjadi perhatian perusahaan adalah Peluang dan Ancaman.

Metode Yang Digunakan
Metode ANP (Analytic Network Process) Analytic Network Process (ANP) Merupakan pengembangan dari metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah metode pengambilan keputusan dengan mengembangkan sistem hierarki dari berbagai faktor yang dianggap perlu untuk diperhitungkan.

Alat Analisis
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis S.W.O.T , analisis deskriptif, analisis IFE dan EFE.

Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian pemilihan strategi untuk meningkatkan penjualan sosis siap makan Champ diketahui bahwa terdapat faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penjualan produk sosis siap makan Champ. Untuk faktor internal terdapat beberapa hal yaitu kekuatan dan kelemahan. Dimana bahan baku yang berkualitas, brand image yang baik, harga yang terjangkau, serta intergrasi dengan grup merupakan kekuatan dimiliki. Untuk distribusi yang kurang merata, produk yang rentan rusak, promosi yang kurang maksimal, serta sumber daya pemasaran yang kurang merupakan kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, terdapat faktor eksternal yang menjadi perhatian perusahaan yaitu peluang dan ancaman. Untuk peluang yang dimiliki perusahaan adalah daya beli meningkat, pasar potensial serta perubahan gaya hidup. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang menjadi ancaman perusahaan yaitu isu kesehatan, pasar bebas, produk pesaing. Rumusan alternatif strategi yang didapatkan berdasarkan faktor-faktor eksternal dan internal adalah bekerjasama dengan partner, diferensiasi produk, promosi gabungan dengan grup Charoen Pokphand, serta promosi edukatif.Berdasarkan perhitugan metode ANP, strategi promosi edukatif merupakan strategi dengan prioritas tertinggi dengan nilai normal sebesar 0,279334

Kesimpulan
Jadi Strategi Pemasaran Mempengaruhi Penjualan Produk Sosis siap makan pada (PT. Primafood Internasional)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar