Kamis, 07 Juni 2018

TUGAS BLOG ETIKA BISNIS KE-3

REVIEW IKLAN
Iklan adalah sebuah informasi yang membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada produk yang ditawarkan. Kata iklan berasal dari bahasa Yunani yang berarti menggiring orang-orang kepada gagasan.
Yakult (ヤクルト Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan.
Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk "yoghurt". Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (株式会社ヤクルト本社 Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha?) (TYO2267) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan.
Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows.
Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di JepangAsiaAustraliaAmerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.


Dalam iklan yakult (2017) diceritakan bahwa yakult dapat diminum oleh semua kalangan. Pada awal video menampilkan seorang laki-laki dan perempuan dewasa yang sedang minum yakult, lalu ada seorang pelajar,  kakek dan nenek, seorang wanita hamil dan anaknya,  dan beberapa orang dewasa yang sedang bekerja. Lokasi iklan berada di berbagai tempat seperti sekolah, kantor, pantai, taman, dan rumah. Hal ini menjelaskan bahwa yakult dapat diminum di mana saja. Di dalam iklan menjelaskan bahwa di dalam usus terdapat banyak penyakit yang berasal dari bakteri jahat dan juga menjelaskan bahwa yakult mampu menekan bakteri jahat yang terdapat di dalam usus.

Kelebihan : 
Pembawaan iklan sangat menarik, di iringi dengan lagu yang ceria, tidak membosankan dan mudah di ingat, dalam iklan juga menampilkan tarian yang menarik perhatian dan menyenangkan, menggambarkan sebuah keluarga yang harmonis di akhirnya, memiliki slogan yang mudah di ingat dengan nada yang khas (cintai ususmu... minum yakult tiap hari)

Kekurangan :
Meskipun slogan menyatakan "cintai ususmu..... minum yakult tiap hari" namun tidak di jelaskan berapa maksimal botol yang boeh di minum. Apakah 1 botol? 2 botol? 1 pack atau berapa tidak di jelaskan. Bahkan dalam kemasan botol pun juga tidak di jelaskan. 

Sumber :
http://www.pelajaran.co.id/2017/02/pengertian-iklan-ciri-ciri-syarat-dan-jenis-jenis-iklan-berdasarkan-kategori-terlengkap.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Yakult
https://www.youtube.com/watch?v=A_QZFvqe7zw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar